Selasa, 13 April 2010

Kota Cilegon

Kota Cilegon berpenduduk 339.716 jiwa dan tersebar di 8 kecamatan. Kota ini memiliki konsentrasi usaha dibidang industri pengolahan. Kontribusi sektor ini pada pembentukan PDRB mencapai 63,33 persen. Karena komposisi penduduk yang lulusan sekolah menengah mencapai 25 persen, membuat kota ini enggan menyentuh lebih jauh sektor pertanian. Pemenuhan kebutuhan pertanian banyak didatangkan dari Kabupaten Serang. 

Baja merupakan industri primadona di Kota Cilegon. Nilai ekspornya mencapai US$ 228 juta. Selain itu kayu olahan juga menjadi konsentrasi industri kedua dengan nilai ekspor lebih dari US$ 36 juta dan kimia lebih dari US$ 18 juta. Tingginya nilai ekspor pada ketiga produk tersebut mengindikasikan bahwa pabrik-pabrik besar yang berada di Kota Cilegon banyak berkonsentrasi di tiga jenis barang. Adapun produk bahan mentah, minyak nabati dan hewani serta mesin dan alat mengangkutan diminati oleh semua ukuruan pabrik. 

Konsentrasi wilayah usaha, banyak terdapat di kecamatan Jombang. Jumlahnya mencapai 156 usaha yang terdiri dari PT, CV, Koperasi dan usaha perorangan. Kecamatan Jombang juga merupakan sentral perdagangan baik pedagang besar, menengah dan kecil. Sekitar 128 pedagang terkumpul di sana. Konsentrasi tempat usaha yang lainnya terdapat di kecamatan Cilegon, Citangkil, Cibeber dan pulomerak. Adapun lokasi usaha yang paling sedikit berada di kecamatan Ciwanda. 

Dari sisi tenaga kerja, kegiatan pekerjaan yang banyak digeluti oleh Penduduk Kota Cilegon pada tahun 2005 adalah kegiatan Perdagangan, Hotel dan Restoran merupakan sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja, yakni sebesar sejumlah 33.116 tenaga kerja. Selanjutnya Industri merupakan lapangan pekerjaan kedua yang banyak digeluti oleh penduduk, yakni sekitar 24,68 % atau sebesar 29.755 tenaga kerja. 



Sumber:
http://www.cps-sss.org/web/home/kabupaten/kab/Kota+Cilegon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar